Cara Membuat Kartu Pelajar dengan Menggunakan Fasilitas Mail Merge

Cara Membuat Kartu Pelajar dengan Menggunakan Fasilitas Mail Merge



Berikut ini saya akan berikan langkah-langkah membuat kartu pelajar dengan mail merge dengan cara yang lebih mudah. Mail merge adalah fasilitas Office Word yang biasanya digunakan untuk membuat surat dengan satu dokumen induk dan digabungkan dengan file database. Hal ini untuk memudahkan  pengguna ketika menulis surat yang ditujukan ke banyak pihak penerima surat, karena dengan menggabungkan satu dokumen induk yang sama kita dapat mencetak surat dengan tujuan penerima yang berbeda sesuai dengan isi databasenya. Database surat pada umumnya berisi nama, alamat, kota dan kode pos. Namun dalam penggunaan praktisnya, fasilitas mail merge pada Microsoft Word 2007 , Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013 juga dapat digunakan untuk penggunaan lainnya, seperti pembuatan kartu pelajar, kartu peserta ujian, sertifikat penghargaan, penulisan laporan hasil belajar dan lain-lain dokumen sejenisnya. Berikut ini langkah-langkah mudah yang penulis praktekkan ketika membuat kartu pelajar.
Langkah-langkah pembuatan Kartu Pelaajar :
Buat file database yang akan dibutuhkan dalam pembuatan kartu pelajar seperti : nama, tempat dan tanggal lahir,  agama, NISN, alamat dan Telp/Hp.
buatnya kesamping seperti Nama1, TTL1, Agama1, NISN1, Alamat1 dan Telp/Hp1 dan  buat sampai Nama6, TTL6, Agama6, NISN6, Alamat6 dan Telp/Hp6 sampai selesai.



Kemudian buat layout kartu pelajar dokumen induk dengan menggunakan Microsoft Word 2013 lalu tambahkan beberapa item yang diperlukan seperti logo tut wuri handayani, logo SMK N 1 Denpasar dan lain sebagainya.  Kemudian simpanlah dalam satu folder dengan menggunakan nama yang mudah dikenali pada folder yang biasa kita gunakan seperti pada contoh berikut .  


Masukkan database excel yang dibuat tadi dengan mengklik icon Select recipients-Use exiting.



 Lalu pilih file yang telah di buat tadi.


Klik open, dan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Kemudian klik OK.


Lalu masukan data melalui Insert Merge Feild yang kita buat tadi melalui exel.


Gambar diatas data sudah dimasukan, kemudian klik Preview Results seperti contoh di bawah ini.



Maka hasilnya seperti di bawah ini. 
 


Sekian semoga bermanfaat

Komentar

  1. kalo masukin foto langsung gmana caranya gan...ane dah coba2 hasilnya nihil...

    BalasHapus
  2. ijin download dong papake

    BalasHapus
  3. ijin downloadnya papake,gimana link downloadnya tak ade

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Motherboard Terbaik